Perbedaan xperia docomo dan global

Sejak maraknya ponsel docomo beredar di Indonesia, banyak yang kebingungan termasuk saya dalam memahami perbedaan antara Sony Xperia Docomo dan Sony Xperia biasa (global) juga Samsung Docomo dan Global. Sebenarnya tidak masalah karena docomo dan global sama saja asli, bukan kw, replika, atau kc, hdc, sc, ataupun wc.

Masalahnya ada di harganya, kita tahu misalnya Sony Xperia Z1 compact global sekarang (desember 2016) harga sekennya masih di sekitar 2Jt. Sedangkan Z1 Compact Docomo harganya terlampau murah, hanya dengan 1,5jt bahkan saya pernah menemukan dengan harga 1,3j kita sudah bisa memiliki Z1 compact docomo. Nah jika kita lihat dari luar saja mungkin kita bisa terkecoh, karena identitas docomo seperti pada layar depan, kesing belakang atau di firmware bisa diganti. Ada pedagang nakal yang mengubah handphone docomo menjadi seperti handphone global dan kemudian dihargai seharga handphone global. Ya sebenarnya sah-sah saja sih wong isinya juga sama. Tapi jika kita mendapatkan yang docomo berbaju global, pastinya akan merasa kesal karena tertipu.

Nah kali ini saya akan mengulas perbedaan Docomo dan global secara mendetail dari beberapa handphone.

Perbedaan Sony Xperia ZR Docomo dan Sony Xperia ZR Global

Seperti pada umumnya Sony Docomo, ciri-ciri Xperia ZR Docomo SO-04E adalah terdapat logo docomo pada bagian depan ponsel sebelah atas, dan juga pada kesing belakang tulisan besar di tengan adalah "Xperia" lihat gambar dibawah ini.


Gambar Sony Xperia ZR Docomo
Gambar perbedaan xperia zr global

Kemudian perbedaan jelas antara xperia ZR docomo dan ZR biasa adalah pada ZR docomo terdapat antena yang ada pada samping kiri hape, sedangkan pada ZR global tidak ada. Antena tersebut adalah antena TV khusus di Jepang.

Perbedaan ZR docomo  selanjutnya adalah pada ZR docomo memori internalnya 32Gb, sedangkan ZR biasa memori internalnya 8Gb. Tapi biasanya ada juga ZR docomo yang memorinya terlihat sebagai 8GB, walau sebenarnya 32GB.

Sony Xperia ZR Docomo 4G LTEnya tidak support di Indonesia, jadi 4G pada Xperia ZR Docomo tidak bisa mendapat sinyal.

Perbedaan Sony Xperia Z Docomo dan Global

Seperti yang lain, jika Xperia Z docomo SO-01f masih belum diganti shatterproof dan backdoornya maka akan terlihat jelas perbedaannya. Bagian depan atas ada tulisan docomo, kemudian backdoor "Xperia" tertulis besar ditengah, buka "SONY" yang ditulis besar.


Gambar perbedaan Xperia Z docomo

Sony Xperia Z global

Dari segi spesifikasi Sony Xperia Z Docomo SO-01f sama persis dengan Xperia Z1 Global.
Perbedaan Sony Xperia Z docomo tidak bisa 4G karena jaringannya belum pas di Indonesia.

Perbedaan Sony Xperia Z1 Compact Docomo dan Global

Seperti yang lain, jika Xperia Z1 Compact docomo SO-02f masih belum diganti shatterproof dan backdoornya maka akan terlihat jelas perbedaannya. Bagian depan atas ada tulisan docomo, kemudian backdoor "Xperia" tertulis besar ditengah, buka "SONY" yang ditulis besar.


gambar perbedaan Xperia Z1 Compact domoco


Xperia Z1 compact global


Spesifikasi Sony Xperia Z1 Compact docomo sama persis dengan yang global, termasuk 4G pada Z1 C docomo sudah bisa dipakai di Indonesia.Perbedaan yang bisa kita teliti lebih jauh adalah NFC pada Xperia Z1 Compact docomo tidak bisa hidup.

Intinya jika kita ingin membeli handphone bekas, pastikan keasliannya. Untuk membedakan  docomo dan global menurut pengalaman saya, pastikan ada tidaknya antena tv di perangkat, jika ada antenanya meskipun berlabel sony tanpa embel-embel docomo dipastikan handphone itu docomo.

Komentar

  1. NFC di HP Sony Docomo gak bisa hidup kalo pake ROM (firmware) versi global. Tapi kalau di-flash ulang ke ROM versi Docomo (atau masih blm di-flash ke ROM versi global tapi sudah unlocked) NFC bisa hidup, walau mungkin NFC nya bisa beda versi dgn yg global karena yg ada di HP Sony Docomo adalah NFC FeLiCa (versi Jepang). Saya sendiri pakai Z1 Compact Docomo dan sudah saya flash ulang ke ROM Docomo, mentok di Android 4.4.2, gak bisa ke 5.1.1 seperti ROM terbaru versi global...

    BalasHapus
  2. mantap ini min, makasih banyak sudah share disini
    alat pemisah lcd

    BalasHapus
  3. Bang mau tanyak klu mau beli backdoor / tutup belakang punyaknya sony experia z docomo di mana aq juga takut klu beli nantinya gak cocok.

    BalasHapus
  4. https://2.bp.blogspot.com/-g_Pp70Q-aKw/WFXLR-KfrGI/AAAAAAAAAME/EoA3hw7yloc7m_2mhQOrC8kMlED4LofKwCEw/s1600/sony_xperia_z_docomo.jpg

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Membaca Nilai Kapasitor Elco, Keramik, Dan Mylar

Cara Menggunakan RFID Reader

Cara Menggunakan Sensor DHT11