Cara Mengukur Resistor dengan Multimeter Analog

    Selain untuk mengetahui baik atau tidaknya sebuah resistor, pengukuran dengan menggunakan multimeter juga bertujuan untuk mengetahui nilai resistansi resistor tersebut. Seperti diketahui, resistor merupakan komponen elektronika yang berfungsi sebagai hambatan listrik. Hambatan listrik ini dinilai dengan satuah ohm (Ω). Nilai hambatan listrik suatu resistor ditentukan melalui kode cincin kode warna yang menempel pada badan resistor tersebut.

    Meskipun nilai resistor sudah tertera pada badan resistor melalui kode warna, namun kita tidak tahu apakah kondisi resistor tersebut masih baik atau tidak. Untuk itulah diperlukan pengukuran untuk mengetahui nilai dari resistor tersebut sekaligus mengetahui juga apakah resistor yang diukur masih baik atau tidak, karena resistor merupakan salah satu komponen yang penting pada rangkaian elektronika.

    Multimeter analog terdiri dari jarum yang bergerak pada skala tertentu yang menunjukan nilai dari parameter yang diukur. Disebut multimeter karena alat ini mampu mengukur berbagai satuan tegangan, arus dan hambatan. Perlu diketahui bahwa multimeter memiliki batas ambang ukur dalam mengukur hambatan. Untuk itu dalam pengukuran hambatan pada multimeter terdapat beberapa pilihan opsi yang terdapat pada selektor tergantung nilai dari hambatan yang akan diukur. Opsi tersebut adalah R (Ω) x1, R (Ω) x10, R (Ω) x100, R (Ω) x1K dan R (Ω) x10K.

Berikut cara mengukur resistor dengan multimeter analog.

  1. Lihat perkiraan hambatan yang akan diukur melalui cincin warna yang ada pada badan resistor tersebut, apakah 1 ohm, 10 ohm, 47 kohm dan seterusnya.
  2. Putarlah selektor multimeter pada posisi R (Ω) x1, atau R (Ω) x10, atau R (Ω) x100, atau R (Ω) x1K atau R (Ω) x10K tergantung perkiraan nilai hambatan yang akan diukur. Misalnya ketika resistor yang akan diukur bernilai 100 ohm, maka selektor dapat diarahkan pada R (Ω) x1 atau R (Ω) x10.
  3. Pastikan Multimeter sudah terkalibrasi yaitu dengan cara hubungkan kedua probe (merah dan hitam) kemudian putar zero adjustment untuk mengarahkan jarum tepat pada posisi 0 ohm.
  4. Hubungkan atau tempelkan probe merah (+) dan probe hitam (-) pada masing-masing ujung resistor yang akan diukur.
    cara mengukur resistor dengan multimeter analog
  5. Setelah kedua probe dihubungkan, maka seketika jarum multimeter akan bergerak pada nilai skala tertentu. Kemudian lihat dan amatilah nilai angka yang ditunjukan pada jarum multimeter tersebut akan menunjuk pada nilai dari resistor tersebut.
  6. Jika nilai sulit kita baca, rubah skala yang digunakan dan ulangi langkah dari nomer 2.
  7. Jika jarum multimeter tidak bergerak sama sekali, berarti resistor tersebut rusak.


Untuk lebih jelasnya kalian bisa kunjungi chanel youtubeku di cara mengukur resistor menggunakan multimeter analog


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Membaca Nilai Kapasitor Elco, Keramik, Dan Mylar

Cara Menggunakan RFID Reader